Yuk, Belajar Membedakan Antara Blurb vs Sinopsis

Yuk, Belajar Membedakan Antara Blurb vs Sinopsis

Author:
Price:

Baca selengkapnya

 


Salah satu hal terpenting dalam menulis novel adalah menuliskan sinopsis. Naskah mau kirim ke penerbit atau platform, hal pertama dinilai dari sinopsisnya terlebih dahulu.


Sayangnya, Dedek Gemesh (Read : Penulis Pemula) masih belum benar dalam menulis sinopsis. Mereka susah membedakan antara blurb dan sinopsis.

Blurb

Blurb ini biasanya ditaruh untuk di back cover novel atau deskripsi rincian cerita di platform.

Poin-poin yang harus ditulis antara lain :

-Ringkasan cerita diakhiri dengan tanda tanya. Contohnya :

Wardah, ibu tunggal dari bocah berusia 5 tahun. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dia bekerja sebagai editor di AT Press. Suatu ketika, dia diminta CEO untuk meeting di penerbit sebelah. Di sanalah dia bertemu lagi dengan Luthfi, mantan adik iparnya. Luthfi membujuk Wardah untuk rujuk dengan kakaknya. Mereka jadi sering ketemu. Wardah mati-matian menghindari Luthfi. Namun, ada insiden yang menyebabkan Wardah justru meminta Luthfi untuk segera melamarnya. Nah, loh?
 
-Menuliskan cuplikan quotes yang paling cakep dalam isi novel. Contoh :

"Melepasmu pilihan terburuk. Namun, bertahan dalam ketidakbahagiaan hanya akan menyakiti diri." -Nazneen Faiha.- *** Nazneen Faiha, seorang wanita karier yang baru membuka kantor CV. AT Press, perusahaan di bidang penerbitan dan percetakan. Kesuksesan karier tak merasa bahagia menjalani rumah tangga bersama Nalesha Wirayudha atau biasa dipanggil Ale. Ada saja pemicu pertengkaran setiap hari. Ketidakbahagiaan tersebut menjadi penyebab utama munculnya Gia Humairo, wanita yang mengajukan diri sebagai istri kedua Ale dan pebinor Alfian yang rela jadi suami cadangan Nazneen.

-Menuliskan tentang karakter tokoh utama. Contoh :

Kenalin, nama gue Sahrial Pratama Harahap. Kata orang, gue mirip Ojan Sketsa. Nggak tau juga yang miripnya bagian mana. Padahal Mak gue bilang mirip aktor luar negeri. Entahlah siapa namanya. Hahaha. Gue bekerja di CV. AT PRESS. Posisi lumayan bagus. Pemimpin Redaksi. Soal gaji, cukuplah belanja di shopee. Kata orang, suksesnya seseorang di karier berbanding terbalik sama percintaan. Nah, itu bener banget. 25 tahun jomlo. Eh, single. Biar agak kerenan dikit nyebutnya. Dua kali gue mencintai cewek selalu berakhir apes. Pertama, udah pacaran 5 tahun eh tiba-tiba si cewek minta putus dengan alasan klise "kamu terlalu baik buat aku." Kedua, saat jadi pemred AT, gue ketemu lagi sama mantan. Niatnya usaha balikan. Ternyata gue jatuh cinta sama Sukma. Karyawan AT juga. Sayangnya, Sukma calon jodoh teman kos gue. Haruskah gue menjelma menjadi Mas-mas tukang nikung jodoh teman?

-Menuliskan dialog isi novel yang bisa bikin pembaca penasaran. Contoh :

"Udah gue bilang Virgo tuh kurang cocok sama Gemini. Kurang ada tantangannya. Lebih greget kalau sama Scorpio karena Virgo akan belajar pentingnya toleransi sama Scorpio. Terlebih, saat sikap kritisnya membuat Scorpio tertekan. Keduanya akan membentuk ikatan yang memuaskan karena mau bekerja sama. Meski tidak romantis, mereka bisa saling memahami untuk jangka panjang." Ucapan Susan membuat Ranti semakin yakin dengan keputusannya untuk berpisah dari Gusti Riant. Terlebih saat bertemu Rizky Kurniawan, kurir manis yang berhasil memikat hatinya. Namun, Riant nggak terima begitu saja diputusin Ranti! 


Sinopsis

Ringkasan cerita yang harus dituliskan dari awal sampai akhir isi novelmu. Jangan ada yang ditutup-tutupi. Poin-poin yang harus ditonjolkan antara lain :

1. Who : siapa tokoh novelmu? Semua tokoh-tokoh yang penting dituliskan dalam sinopsis.

2. What : Apa masalah yang dihadapi tokohmu?

3. Why? : Apa penyebab masalah itu muncul?

4. When : Kapan terjadinya masalah tersebut? Ini masuk setting waktu.

5. Where : Di mana tokohmu tinggal? Ini masuk setting.

4. How : Bagaimana cara tokohmu menyelesaikan masalahnya?

Semua harus dijelaskan secara detail. Biasanya sinopsis itu ditulis 2-3 halaman (untuk novel) dan 3-6 halaman untuk sinopsis FTV atau film.

Contoh sinopsis novel :

Cetta Bhanumati (27) adalah CEO sekaligus pemilik biro jodoh –AT Jodoh- di Jakarta. Di balik kesuksesannya, dia ternyata emosian dan sering galau. Kegalauan pertama saat Feroz Jival (28), cinta pertama kembali hadir dalam hidupnya. Cetta dan Feroz miss komunikasi selama dua tahun. Lulus kuliah Feroz lanjut s2 ke luar negeri. Kehadiran Feroz tentu saja memporak-porandakan hati Cetta. Terlebih saat Feroz minta carikan jodoh dan Falguni Gandhali (26), sahabatnya minta dicomblangkan dengan Feroz. Cinta untuk Feroz masih bersemi di hati Cetta, sayangnya ia telah berkomitmen menjalani hubungan dengan Arsen Prasaja (29). Arsen dan Cetta itu LDR selama satu tahun. Arsen dipindahtugaskan kerja di Solo. Kegalauan kedua yang dirasakan Cetta adalah saat berhadapan dengan klien rese. Pertama ada Aksa, peserta biro jodoh yang kabur tak bayar uang tarif pajak perjodohan setelah dapat jodoh. Selanjutnya ada Rine, rewel dalam mencari jodoh. Cetta sudah gatal ingin sekali memuntahkan emosinya kedua klien tersebut, untungnya ada Luthfi (20), karyawan AT Jodoh yang sanggup menstabilkan emosi Cetta. Kegalauan ketiga, ketika Cetta melihat kemesraan antara Uni dan Feroz. Kegalauan keempat, saat Cetta nerima job seminar wirausaha di Yogyakarta. Alasan Cetta menerima job itu biar sekalian ketemu dengan Arsen. Sayangnya, orang yang ingin ditemui justru sibuk lembur sehingga pertemuan batal. Lagi-lagi Luthfi menenangkan hati Cetta. Ia mengajak Cetta ke Masjid Agung Solo dan keliling kota Solo. Kegalauan kelima, saat pulang dari Yogyakarta, Ara (57), Mama Cetta tiba-tiba mendesak Cetta untuk segera menikah agar tidak keduluan Uni. Ara juga menetapkan aturan baru, jika sampai akhir Januari Cetta tak kunjung memperkenalkan pacarnya maka Ara akan menjodohkan Cetta dengan anak sahabatnya. Kegalauan keenam, mendekati akhir Januari Arsen susah dihubungi. Di saat bersamaan Luthfi menunjukkan perhatian lebih ke Cetta. Uni menyarankan agar mengenalkan Luthfi ke Ara. Daripada harus dijodohkan dengan orang asing, Cetta memilih mengenalkan Luthfi ke Mamanya. Di malam pertemuan antaran Luthfi dan Ara, justru Arsen datang. Arsen membawa kabar bahwa dia amanahi almarhum ibundanya untuk segera menikah dengan Cetta. Mau tak mau Cetta menerima lamaran Arsen. Kegalauan terakhir, menjelang hari pernikahan Cetta mendadak mendapat sebuah email bahagia. Ia keterima beasiswa di luar negeri. Ia dilema lagi antara mengambil beasiswa tapi harus batal nikah atau tetap nikah tapi mengorbankan impiannya dari dulu kuliah di Paris. Arsen ikhlas jika memang Cetta memilih batal menikah. Uni datang tepat waktu dengan memberikan solusi Cetta dan Arsen bisa tetap menikah dengan cara nikah online. Lewat video call. Dua mempelai saling berjauhan. Namanya jodoh, semua berjalan lancar. 

0 Reviews