Novel : Kisah Gadis Kretek

Novel : Kisah Gadis Kretek

Author:
Price:

Baca selengkapnya

  


Judul Buku : KISAH GADIS KRETEK 

Penulis : Aiko Ara Wati 

Harga : Rp. 59.500,- 

 Blurb : 

 Sambil bergandengan tangan, kami berenam mendekati bibir pantai. Matahari mulai membenamkan dirinya. Lautan seolah menelannya. Cahaya sunset di Pantai Bondho, Bangsri Jepara memantulkan kemilaunya di atas air laut. Sambil bergandengan tangan, kami berenam memandang lepas lautan yang tanpa ujungnya, dan Denis mengenggam tanganku, sangat erat. Aku menatapnya. Ah iya, menjadi seorang penari Kretek khas Kota Kudus Jawa Tengah untuk pertama kalinya. 

Saat pementasan kesenian kala itu, tidak lantas membuat Denis tergerak dengan tulus untuk meminta cintaku. Toh, aku ingat saat ia mengatakan bahwa persahabatan jauh lebih penting. Dan, aku memang tidak bisa move on dari segala kebaikannya selama ini. Terlalu berlebihan jika terpuruk pada satu cinta yang tidak pernah menjadi milik bersama. Kutho Kudus kutho kretek Kawentaring njaban praja Njero kutho tekan ndeso Tuwo anom tanpa bedo “Kalian mendengar nyanyian Jawa itu?” Menjelang malam di tepi pantai begini, aku mendengarkan perempuan menembangkan lirik “Kutho Kretek”. 

Beberapa saat kemudian semuanya menjadi gelap. Aku merasa kembali di waktu memperagakan tarian Kretek bersama Melsa di dalam ruang kelas menari. Sebuah selendang merah mengikat di pinggul. Wanita yang mirip dengan Melsa hanya menari dan tersenyum. Namun, wajahnya mulai memudar dan menampakkan sosok lain. Wanita muda itu memiliki wajah setengah rusak mengenakan kebaya hitam dan bersanggul, tersenyum sinis ke arahku.

0 Reviews